Kegiatan Kemah Pers Indonesia di Pulau Sibandang

TAPANULI UTARA- Kemah Pers Indonesia yang rencananya akan di buka Bupati Tapanuli Utara Nikso Nababan dipastikan akan berlangsung di Pelabuhan Pulo Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (14/11).

Opening Ceremony Kemah Pers Indonesia sore ini dipastikan akan dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tapanuli Utara.

Tujuan kehadiran para Kepala OPD dalam Opening Ceremony Kemah Pers Indonesia ini tidak lain ingin mengeksplore potensi SDA yang dimiliki Kabupaten Tapanuli Utara, terutama dua geosite besar yang ada di wilayah ini, antara lain geosite Huta Ginjang dan geosite pulo Sibandang yang saat ini menjadi sektor pariwisata unggulan di kawasan Danau Toba.

Sementara peserta Kemah Pers Indonesia yang umumnya wartawan dan pemimpin redaksi dari berbagai daerah seperti Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara serta tamu undangan khusus asal Jakarta telah tiba dan mengunjungi geosite Huta Ginjang yang terletak di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Huta Ginjang Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara (Foto : Frans Semgur)

“Wow indah sekali Huta Ginjang (geosite) ini,” cetus Heintje Mandagi, Ketua Umum DPP Serikat Pers Republik Indonesia yang datang dari Jakarta memenuhi undangan tim pelaksana Kemah Pers Indonesia.

Foto : Frans Semgur

Selain menikmati suasana alam geosite Huta Ginjang dengan berbagai keunikan yang tercipta, para wartawan juga menyaksikan keindahan Danau Toba dari ketinggian geosite Huta Ginjang.

Tim penyelenggara Kemah Pers Indonesia mengapresiasi kesigapan Pemkab Tapanuli Utara, Muspika Kecamatan Muara serta pemerintah dan masyarakat Desa Sibandang dalam menyambut positif pelaksanaan Kemah Pers Indonesia di Pulo Sibandang.

Salah seorang warga Pulo sibandang, Banggas Rajagukguk mengatakan pelaksanaan Kemah Pers Indonesia sangat positif karena mampu mengangkat potensi lokal yang dapat meningkatkan kesejahteraan warga Pulo Sibandang secara khusus.

“Warga pulo Sibandang sangat mendukung acara Kemah Pers Indonesia, dengan acara ini, semoga Pulo Sibandang dikenal dunia,” ujarnya.

Sebelumnya, tim pelaksana Kemah Pers Indonesia menyebutkan kegiatan ini bertujuan mengakselerasi konsep Pentahelix, dimana selain Akademisi, Business, Community, Government serta Media (ABCGM) sangat penting dalam mendorong sektor pariwisata di kawasan Danau Toba.

“Kemah Pers Indonesia kami gagas untuk mendukung upaya pemerintah melalui konsep Pentahelix,” ujar Devis Karmoy Ketua Tim Pelaksana Kemah Pers Indonesia. (Red)